23.10.08

learn more from DHINA PARAMITA SUSANTI

HELLO

berawal dari hobby googling saya , nyasarlah saya ke blog alumni smaga . beliau menceritakan tentang sosok yang akan saya kupas tuntas ini . saya pun tertarik untuk mengulasnya kembali . mungkin bagi anda-anda keluarga besar SMA 3 SEMARANG , pastilah nama yang ada di judul posting blog ini udah nggak asing lagi . ya , walopun udah basi , tapi nggak ada salahnya kan ? hope we can learn from her , a genious scientist girl . let's check it out !

tahun 2005 , seorang siswi sekolah saya , SMA 3 SEMARANG , dhina paramita susanti berhasil dengan sangat sukses mengharumkan nama sekolah saya , sekaligus indonesia tercinta di kancah international. Dhina meraih medali emas dalam The First Step Nobel to Prize in Physics , Polandia dengan risetnya "Curved Motion of a Shuttlecock" . karya dhina diakui oleh dunia sebagai karya orisinal yang terbaik . Dhina menemukan model formula baru untuk menganalisa pergerakan shuttlecock badminton yang sangat unik jika dibandingkan dengan formula fisika konvensional yang mengacu pada gerak bola . Dhina berhasil menyingkirkan 78 peserta dari 28 negara . padahal total kompetisi fisika paling prestisius itu ada 300 , dan kemudian dipilih 78 finalis . Dhina bersaing ketat dengan Anike Nelce Bowaire (papua-indonesia) , Marina Radulaski (serbia-montenegro), dan Stanley Shang (USA) . berbeda dengan olimpiade matematika ataupun fisika dimana peserta diwajibkan menjawab tes atau pertanyaan , dalam kompetisi ini peserta dituntut untuk mempresentasikan hasil penelitian/desrtasi di hadapan juri untuk memperoleh nilai terbaik .

Berbagai penghargaanpun diberikan kepada dhina . dhina mendapat penghargaan dari Presiden SBY , Satyalencana Wira Karya . Pihak penyelenggara kompetisi tersebut memberikan hadiah berupa riset gratis bidang fisika selama satu bulan di Polandia . Selain itu , berkat prestasinya itu Dhina menerima beasiswa dari Freedom institute yang dimiliki Bakrie Group untuk melanjutkan S1-S3 dimanapun , dengan biaya sepenuhnya yg ditanggung oleh Freedom Institute . WAOW !

Dhina yang saat masih duduk di bangku SMP (SMP 2 SEMARANG, SMP saya juga . hehe) punya cita-cita untuk mendirikan sekolah gratis bagi mereka yang kurang mampu . Seiring berjalannya waktu , Dhina memutuskan untuk menjadi ilmuwan , karena menurutnya profesi ini sangat menjanjikan untuk masa depan , dan juga dapat memberi peluang untuk mewujudkan cita-citanya yang maha mulia itu . cara belajar Dhinapun sama seperti anak-anak lain . dia tidak bisa belajar tanpa musik pop atau Kenny G (instrumentalis Saksofon) . di kelasnya saat itu , Dhina bukanlah yang terpintar kalau dilihat dari nilai akademis . dia hanya menduduki peringkat 4 di kelas ketika kenaikan kelas . tapi kelebihan Dhina adalah , rajin , memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi , kreatif dan pantang menyerah . "dia berhasil membuktikan rumus semangat x kemapuan = hasil" begitu kata pembimbingnya , Wahyu Hardyanto Phd yang merupakan doktor lulusan Technisce University , Jerman .

terima kasih telah mengharumkan nama SMA 3 SEMARANG di dunia international , mbak dhina . semoga masih ada dhina-dhina yang lain di bumi Ganesha !

sumber :
*suara merdeka
*iwan95.multiplay.com

4 gossip(s):

evinderman said...

Woe, bloggermu wi weh ono chat box no lo, alamate http://www.cbox.ws

di taruh neng sidebarmu, ben wong2 iso chatting
wakakakakakakaka

uwii :) said...

pah, skinmu cantik. :)
dpt dari iBlogger juga ya?
sipp. mari mem-bloggy!

dipta said...

loh, km sma 3 semarang?

zoel said...

Wuih..gokil!!

baru tau ak..xD