15.7.09

Catatan Akhir Sekolah

aku nggak mengharuskan siapapun untuk baca celotehanku (atau dongeng?) ini. ini blogku, aku bebas menuangkan apa saja disini. termasuk yang satu ini : sebuah catatan akhir sekolah. udah lamaa banget aku pengen nulis beginian. aku butuh tempat untuk 'menitipkan' memori-memori indah itu, dan akhirnya kupilih blogku ini.

hari ini setaun yang lalu, hari-hari awalku jadi bagian sebuah komunitas yang bernama XII ilmu alam 8. tentu saja awalnya ngerasa jenuh, gak betah, pengen balik sekelas sama temen-temen kelas 2. waktu istirahatku kuhabiskan untuk kumpul bareng kelima sahabatku di kelas 2: rezta, arum, sarsa, eka, anin. saat itu aku ngerasa Tuhan bener-bener nggak adil. gimana nggak, dari kami berenam nggak ada satupun yg sekelas.
tapi ternyata aku salah..

XII IA 8, kelas pojokan, samping ruang BK, depan ruang guru, dengan 'fasilitas khusus' sebuah taman indah di depannya. disinilah tempat aku menemukan apa itu arti sahabat. para penghuninya telah menyadarkanku, membuka mataku, mengajarkanku banyak hal tentang persahabatan. disini, di XII IA 8 kita memulai segala sesuatunya dari awal. dari mulai nggak kenal, jaim-jaiman, sampai jadi sahabat bahkan keluarga seperti saat ini.

setaun yang lalu, aku hanya kenal sebagian dari kalian, yang sebagian lagi nggak kenal, bahkan pernah liat pun nggak.yah maklumlah ada 500an penduduk kelas XII. sasri, nia, arinda, hanya mereka temanku bergossip sepanjang hari di pojok belakang kelas. saat itu XII IA 8 masih pecah belah. masing-masing membentuk komunitas dalam komunitas. tapi itu nggak berjalan lama.. classmeet dalam rangka HUT SMAGA bener-bener jadi ajang buat mengompakkan kelas.


ingatkah kalian, kita kumpul bareng di belakang kelas bikin aransmen mars smaga & akhirnya tercipta mars smaga yang diaransmen dengan lagu sinanggar tulo a tulo?

ingatkah kalian kita berhasil bikin lukisan keren di tong sampah waktu lomba ngelukis tong sampah berkat atak, hariz & ndog?

ingatkah kalian, kita mesti bolak-balik lapangan voli depan-lapangan basket belakang berkali-kali buat ngasih dukungan ke temen-temen kita yg lg berjuang demi kelas?

itulah awal aku ngerasa betah di XII IA 8 *yg akhirnya kita sepakat menamakan kelas kita PADEPOKAN (ipa 8 pojok depan taman)*


aku bener-bener kangen suasana sehari-hari di kelas.
dari mulai berangkat pagi buat nyalin PR, ngomongin guru, bikin jamaah gossip besar-besaran, liat anak-anak cowo maen CS, nonton hot shot sampai perut mules gara-gara ngakak terus, gotong royong wkt ujian dari mulai UHT, try out, UAN, UAS, sengak-sengakan, bercanda bareng walopun sebenrnya kita lagi stress berat, sampai lirak-lirik jam nungguin bel pulang.


hhhh..

(breathless)


tak ada lagi sulap ala joe sandy yang biasanya ditiru tabiez & fajar. tak ada lagi curhatan si norak tp lucu : pungky, tentang gebetan-gebetannya. tak ada lagi cerita-cerita lebay mam as yang bikin ngakak berguling-guling. tak ada lagi guyonan-guyonan 'tak senonoh' hidung vs ali. tak ada lagi jogetan india khas yogi. tak ada lagi suasana mencekam saat pelajaran eyang nunung. tak ada lagi berjuang mati-matian demi nilai 75. tak ada lagi rutinitas tidur tiap pelajaran pak joko. tak ada lagi kripik barbeque & roti bakar bot yang selalu menemani hari-hari kita. tak ada lagi bikin kepekan katakana tiap ujian jepang. tak ada lagi kekesalan gara-gara guru yg makan gaji buta. tak ada lagi the sister : pethek & eyang nunung. tak ada lagi ibu-anak : dewi & bu gabut
tak ada lagi kue ulang tahun untuk setiap warga kelas yang berulang tahun, yang cuma ada di kelas kita
.

fajar wahyu's bday

tak ada lagi akting mam as yang pura-pura marah sebelum surprise kue. tak ada lagi tawa ngece gara-gara sasri yg pendengarannya sedikit terganggu (piss sri ;p). tak ada lagi si ovie yg selalu bikin geger gara-gara suara kecilnya. tak ada lagi keributan anak-anak pojok belakang tiap ujian (aku, hariz, hidung, aji, fajar). tak ada lagi cerita-cerita jayus si hidung. tak ada lagi penyiksaan bertubi-tubi ke sempuk. tak ada lagi suara-suara ribut pethek & sempuk yang bikin telinga nguing-nguing. tak ada lagi kesengakan pethek, rima & singgih. tak ada lagi!


dan aku yakin,

semua itu pasti

tak ada lagi

di masa-masa kuliah nanti..

perpisahan di bandungan minggu lalu benar-benar menyimpan sejuta kenangan.
malam itu, kalian semua bener-bener sukses bikin aku mewek. satu per satu dari kalian maju ke depan, mengutarakan unek-unek yang mengganjal di hati.
ini beberapa yang aku ingat:

nia :

"sekarang mungkin kita masih bisa tertawa, tapi percayalah 2-3 hari lg pasti kalian merindukan malam ini"


sasri:
minta maaf ke andika (ndog), gara-gara aku, nia, sasri, arinda yang memang bener-bener jahat T.T

nia:
(tanya ke ndog) "siapa anak ipa 8 yg paling km benci?"


ndog:

"aku benci sm diriku sendiri. karena...."
*dengan terbata-bata*
kamu luar biasa ndog, selama ini kita salah nilai kamu. sekali lg maaaaaf T.T

fajar wahyu:
"jangan memaksa orang lain untuk mengerti kita, tapi paksalah diri kita untuk mengerti orang lain"
akan selalu kuingat kata-katamu ini bang!


fajar fitriyanto:
"bukan cuma 2-3 hari lg ky yg dibilang nia, tapi sebenernya udah jauh-jauh hari aku mikirin ini, kalau kita bakalan pisah"
well aku bener-bener nggak nyangka. fajar yang usil, yang nggak bisa diem itu tiba-tiba maju, ngomong di depan. bahkan sampai terbata-bata nahan nangis, walopun akhirnya nangis juga.

yogi:
"temen-temen, aku minta maaf kalo ada yang tersinggung gara-gara ejekanku. aku emang suka bercanda, ejek-ejekan. tapi percayalah itu semua hanya untuk mencairkan suasana"
lagi-lagi dengan terbata-bata.

deni ambon:

"kalian bakal ngerasain betapa beharganya teman jika sudah kehilangan mereka"

dan masih banyak lagi, nggak mungkin aku tulis semua disini.

sekarang aku sadar.
aku memang 'kehilangan' 5 sahabatku.
tapi di kelas 3 ini
Allah telah menggantinya, bahkan melipatgandakan jadi 38.
terima kasih ya allah.
terima kasih PADEPOKAN!

padepokan on simpang lima

arrghh.
kenapa
memories mesti never come back??? tanya kenapa?!


ps:
padepokan's 2nd trip: 29 july @ bandengan beach, jepara
(beach game-makan bekal bareng di pantai-foto sunset)
cant wait for it!

6 gossip(s):

eCHo CoLaTE said...

nangis deh......

sasri said...

ippa, miss gossipku sayang.
aku bener2 nangis waktu baca blogmu kali ini.. ;(
ternyata kita bener2 dikasi anugrah yang sedemikian hebatnya yaitu diberi masa - masa yg indaaaah bgt sama PADEPOKAN tercinta,
semua yang kamu tulis bener2 bkal jadi kenangan indah.
perpisahan hanyalah sebuah kata ppa.
kita semua pasti bakal terus sama - sama selamanya...
i love you girl :)

fairlight said...

hhuhuhuw...T.T...
aku miris tenan ki pa!!makasi buat semuanya padepokan!!
benda yang berwujud suatu saat akan membusuk,tetapi hanya kenangan ini yang tak akan pernah membusuk dari dalam hatiku..kalian telah mengukirnya dengan sangat baik dan indah sekali...love u all!!

Tha..^^ said...

jadi pengeeeeeeen banget balik lagi ke masa-masa SMA :)

ippaparazzi said...

echo:
hehe maksih ya udah mampir baca :)

sasri & bang krib:
kyaaaaaa gak nyangka kalian bela2in baca dongeng ini.
hikshiks terharu T.T
sas, bang inget gak lagune S07:
"anugerah terindah yang pernah kumili"
ato kalo kata SAL
"you're the best gift ever to me.."
huahuaaa
itu padepokan banget T.T
aku dah gak tau lagi mesti bilang apa. pokoknya AKU SAYANG KALIAN :)

tha:
sama kak. andaikan bisa balik ke masa SMA sehariiiii aja. hehe

alyanayla said...

waah, baca ini jadi terharu, jadi inget waktu SMP dulu, apa ntar kalo aku lulus bakalaan gini yaa? huhuhuu